SELAMAT DATANG DI STEY'S BASE "saran dan kritik anda kami harapkan untuk membangun blog ini. Terima Kasih"

24 Desember 2011

Mengenal Format video Pilihan, MKV (Matroska Video)

Dengan banyaknya media atau perangkat pemutar video, saat ini format video yang ada sangat banyak. Tetapi dari sekian banyak, salah satu format video yang mulai banyak beredar dan digunakan terutama untuk kualitas tinggi (High Definition/HD) adalah MKV (Matroska Video). Apa sebenarnya Matroska, MKV dan apa keunggulannya dibanding format lainnya?

Matroska merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF, tetapi Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source). MKV merupakan tipe file Matroska untuk video (dengan subtitle dan audio).

Sebelum dilanjutkan, ada hal penting untuk diperhatikan atau diklarifikasi tentang apa itu Multimedia (Audio/Video) Container. Untuk menghindarkan kesalahpahaman, Multimedia Container bukan merupakan teknik kompresi format video (bukan video codec), tetapi bisa dikatakan merupakan tempat menampung berbagai file atau data (audio, video, subtitle,menu,chapter dan lainnya) dalam sebuah file.

Beberapa fitur Matroska antara lain :

    Pencarian yang cepat didalam file
    Adanya Entri Episode (chapter)
    Mendukung Full metadata (tags)
    Data subtitle/audio/video yang dapat dipilih
    Dapat dikembangkan sendiri dengan mudah
    Error resilience (dapat dijalankan/recovery meski sebagian data rusak)
    Dapat dijalankan secara streaming baik melalui internet atau jaringan lokal
    Mempunyai menu seperti DVD

Melihat fitur-fitur diatas, selain keunggulan spesifikasi format yang bersifat open source, tidak salah jika banyak perangkat yang mulai mendukung format ini di dalamnya, seperti misalnya Android. Selain itu, sebagian besar software juga sudah mendukung sepenuhnya format ini, seperti VLC, PowerDVD, MPlayer, foobar2000, AllPlayer, Media Server, XBMC dan juga web browser Google Chrome. Di artikel Wikipedia berikut Comparison of container formats, MKV terlihat juga mempunyai fitur paling lengkap.

Di tahun 2010 kemarin juga diumumkan bahwa WebM ( format audio-video yang disponsori Google disediakan gratis, format video kompresi terbuka dan digunakan untuk video HTML5) akan mendasarkan pada profil format container Matroska bersama dengan VP8 dan juga VOrbis audio. WebM sendiri sudah didukung mulai Firefox 4, Opera 10.6, Google Chrome.

Pada tulisan berikutnya insyaAllah kita akan mengulas salah satu software yang bisa digunakan untuk memotong atau membagi-bagi video MKV dengan cepat tanpa mengurangi kualitas file video aslinya.
Referensi lebih lengkap :
- http://matroska.org/technical/whatis/index.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Matroska

Grab This Comment Form

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...