SSL adalah suatu protokol kriptografi menggunakan algoritma yang berbeda untuk mengimplementasikan keamanan menggunakan otentikasi dengan sertifikat, algoritma pertukaran kunci sesi, enkripsi dan memeriksa integritas. Ini adalah protokol umum, sering digunakan untuk memastikan bahwa komunikasi antara WWW-server dan WWW-klien aman dan dienkripsi.

Apa HTTPS?

Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari Hyper Text transfer Protokol (http). HTTPS memungkinkan transaksi e-commerce yang aman, seperti perbankan online. Web browser seperti Internet Explorer dan Firefox menampilkan ikon gembok untuk menunjukkan bahwa website ini aman, karena juga menampilkan https:// di address bar. Ketika pengguna terhubung ke situs web melalui HTTPS, website mengenkripsi sesi dengan sertifikat digital. Seorang pengguna dapat mengetahui apakah mereka terhubung ke situs Web aman jika URL situs dimulai dengan https:// bukan http://.


Bagaimana cara kerja SSL?

Secure Socket Layer menggunakan sistem kriptografi yang mengenkripsi data dengan dua tombol. Ketika sebuah Sertifikat SSL digital diinstal pada situs web, pengguna dapat melihat ikon gembok di area bawah navigator. Ketika sebuah Sertifikat Extended Validation diinstal pada situs web, pengguna dengan versi terbaru dari Firefox, Internet Explorer atau Opera akan melihat address bar hijau di area URL navigator.

Sejarah SSL

SSL dikembangkan oleh Netscape, SSL versi 3.0 dirilis pada tahun 1996, yang pada akhirnya menjadi dasar pengembangan Transport Layer Security, sebagai protocol standart IETF. Definisi awal dari TLS muncul pada RFC,2246 : “The TLS Protocol Version 1.0″. Visa, MaterCard, American Express dan banyak lagi institusi finansial terkemuka yang memanfaatkan TLS untuk dukungan commerce melalui internet. Seprti halnya SSL, protocol TLS beroperasi dalam tata-cara modular. TLS didesain untuk berkembang, dengan mendukung kemampuan meningkat dan kembali ke kondisi semula dan negosiasi antar ujung.

Siapa yang butuh fasilitas SSL?

Seluruh website yang menggunakan kartu kredit maupun password dalam bertransaksi disarankan untuk melindungi transaksi datanya dengan sertifikat SSL.