SELAMAT DATANG DI STEY'S BASE "saran dan kritik anda kami harapkan untuk membangun blog ini. Terima Kasih"

15 Desember 2011

E-mail, Tidak Sekedar Surat-Menyurat

Zaman telah mengalami perubahan yang terus menerus mengubah kebiasaan manusia. Manusia dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan yang tidak sedikit. Apalagi kalau berbicara tentang dunia teknologi khususnya informasi dan komunikasi, kemajuan itu sungguh sangat nyata adanya. Termasuk masalah surat-menyurat. Cara lama dalam pengiriman surat juga sudah banyak ditinggalkan karena berbagai kondisi dan teknologi memainkan kepiawaiannya di sini.
Bagi Anda yang sibuk dengan surat-menyurat, sering berkirim dokumen, file, data, informasi, foto, lagu dan lain sebagainya, pasti cukup akrab dengan sahabat sejati Anda, yakni e-mailE-mail atau elektonik mail atau surat elektronik merupakan media berkirim surat sebagai pengganti cara konvensional dengan menggunakan akses internet sebagai jalan pengirimannya. Aplikasi ini tidak hanya dapat mengirimkan data berupa tulisan/text seperti apa yang Anda lakukan saat membuat surat dengan cara lama. Banyak hal dapat dilakukan aplikasi tersebut. Diantara beberapa kelebihannya:              
1. Memiliki Security System
Sekarang ini, banyak aplikasi e-mail yang sudah menggunakan security system method (metode sistem keamanan) sebagai filter saat kita bertransaksi data dengan e-mail. Seperti penggunaan anti virus. Saat kita akan meng-upload file (kirim data) atau akan mengunduh file (mengambil data dari pengirim e-mail), anti virus tersebut secara langsung akan mengecek keberadaan virus yang mungkin mengintai masuk dalam file yang kita kirimkan tadi. Keamanan yang dimaksud selain virus juga dapat berupa spam, serangan hacker jika data yang Anda kirimkan benar-benar rahasia (menggunakan metode khusus seperti enkripsi bisa diterapkan oleh aplikasi). Masih banyak metode yang dapat dilakukan untuk masalah keamanan ini. Tentu, karena teknologi adalah buatan manusia, maka tolak ukur aman tidak dapat Anda ukur sampai berapa besar, atau sampai berapa aman. Semua tergantung bagaimana Anda menyikapinya, bagaimana Anda mengelola kerahasiaan data, seberapa penting dan rahasiakah data Anda, tentu Anda yang paling tahu. Jadi, keberadaan sistem yang telah dibangun tidak semata-mata memang menjanjikan keamanan yang mutlak. Teknologi hanya wahana, Anda tetap sebagai pengendalinya.    
2. Kecepatan Pengiriman
Saat Anda menggunakan e-mail, apa yang Anda kirimkan (data, file, dsb) dapat langsung diterima oleh pengirim sesaat setelah Anda mengirimkannya. Kecepatan pengiriman e-mail jika dibandingkan dengan surat biasa tentu berbeda. Anda tidak harus datang ke kantor tertentu untuk melakukan transaksi itu dan menunggu hasilnya dengan jeda hari. Namun, ada kalanya saat Anda mengirimkan sesuatu dengan e-mail dan ternyata tidak terkirim (gagal terkirim), atau terkirim tetapi butuh waktu yang lama, hal ini dapat dipengaruhi faktor-faktor lain. Seperti:   
a. Kehandalan akses internet Anda. Semakin kuat dan handal layanan internet Anda, kelancaran pengiriman semakin besar terjadi. (Sinyal & akses internet yang kuat/tidak putus sambung). Pasti Anda langsung teringat Speedy kan?It would be noted for sure..
b. Besarnya data yang Anda kirimkan. Jika Anda akan mengirimkan data, proses kirim/upload/attach akan memerlukan waktu yang tidak sedikit seiring semakin besarnya data yang Anda kirimkan. Dan masing-masing aplikasi e-mail memiliki batasan tertentu dalam pelayanan ini. Misal gmail (e-mail/surat elektronik dari google) hanya melayani 25MB sebagai kapasitas kirim (sekali kirim). Anda tidak dapat melakukan paksaan melebihi kemampuan besarnya transaksi. Dengan keterbatasan itu, Anda tak perlu berkecil hati saat Anda akan mengirimkan sesuatu dan kemudian mencoba-coba mengakali data Anda yang besar itu sebab ada banyak aplikasi gratis yang disediakan untuk membantu Anda dalam mengirimkan data yang besar, yaitu: mega upload, file flyer, dsb. Aplikasi-aplikasi tersebut melayani pengiriman file rata-rata diatas 500MB. Cukup senang, bukan?
3. Murah
Murah disini adalah value added atas cost/biaya yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi ini. Dapat dikatakan murah karena Anda hanya terhubung dengan internet, maka semua terjadi. Apalagi, biaya berlangganan internet semakin murah dengan kualitas yang bagus seperti Speedy tentunya. 
4. Efektif Dan Efisien
Anda dapat mengirimkan data ke banyak user (orang/receiver/penerima) dalam sekali kirim kapanpun dan dimanapun. Artinya, Anda tidak perlu repot melakukan banyak pengiriman. Menghemat waktu dan tenaga. Dokumen yang banyak sekalipun tidak memerlukan tempat yang besar secara fisik jika dikirimkan (bayangkan jika Anda mengirimkan banyak dokumen, banyak kertas, ke banyak orang dengan cara lama).
5. Didukung Berbagai Jenis Data
Anda dapat mengirimkan bermacam-macam data. Tidak hanya data yang sifatnya text saja. Foto dan lagu dapat dilakukan proses pengiriman juga. Tentu saja, kelemahannya di sini, e-mail tidak mampu melakukan pengiriman yang diwujudkan dalam bentuk barang.        
Begitulah teknologi dibangun dengan tujuan kemaslahatan manusia di dunia. Setiap penggunaannya yang positif, kepositifan itu akan kembali kepada Anda. Jadikan hidup Anda bermanfaat bagi sesama. Kekayaan pengetahuan di dunia maya dan di dunia nyata hendaklah dikembangkan dan ditularkan kebaikannya.

Grab This Comment Form

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...